-->

Cara Ampuh Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Laptop merupakan benda vital bagi mahasiswa, pebisnis, pekerja kantoran, dan masih banyak lagi. Benda yang sangat penting tentunya harus kita jaga dan rawat dengan baik. Jika laptop mengalami kerusakan, pasti akan menimbulkan banyak masalah seperti menghambat pekerjaan bahkan kehilangan data penting.

Supaya laptop tidak mudah rusak, kita perlu mengetahui cara merawat laptop yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara ampuh merawat laptop agar tahan lama.

Cara Ampuh Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Cara Ampuh Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Meskipun laptop adalah benda mati, kita harus memperlakukannya dengan hati-hati. Hal-hal yang harus diingat antara lain:

Jaga kebersihan laptop

Menjaga kebersihan laptop adalah hal yang paling utama. Semakin bersih laptop tersebut, maka semakin awet pula laptopnya. 

Mengapa laptop harus dibersihkan?
Karena debu-debu yang menumpuk pada laptop akan mengganggu sirkulasi udara dalam laptop. Jika udara segar yang seharusnya masuk ke dalam laptop terhalang oleh debu, maka laptop bisa mengalami overheat. Itulah yang menyebabkan laptop cepat rusak karena komponen penting pada laptop tidak bisa menahan panas yang berlebih.
Selain itu, jika laptop kotor maka tidak akan sedap dipandang bukan?

Cara menjaga kebersihan laptop
Tidak perlu sampai membongkar laptop untuk bisa membershikannya. Cukup bersihkan bagian luar laptop secara rutin supaya debu-debu tidak sampai masuk ke dalam melalui sela-sela keyboard. Kalian bisa menggunakan kain microfiber atau kain yang memiliki permuakaan halus sehingga tidak melukai laptop.

Bersihkan meja tempat kalian menggunakan laptop
Perlu diingat juga agar membersihkan meja sebelum meletakkan laptop. Mengapa demikian?
Karena umumnya laptop mengambil udara segar dari bawah, jadi jika meja yang digunakan penuh debu kemungkinan besar debu tersebut bisa ikut masuk ke dalam laptop.

Pastikan tangan bersih sebelum menggunakan laptop
Jangan menggunakan laptop saat tangan dalam keadaan kotor. Memang tidak akan langsung berpengaruh terhadap umur laptop, tapi usahakanlah untuk tetap membersihkan tangan sebelum mengoperasikan laptop kalian. Hal ini juga bagian dari menjaga kebersihan laptop.


Jauhkan makanan dan minuman dari laptop

Sebisa mungkin tidak menggunakan laptop sambil makan atau minum. Berilah jarak antara makanan dan minuman dari laptop supaya menghindari tumpahnya makanan dan minuman tersebut. Karena akan sangat berbahaya sekali jika laptop sampai terkena air, tidak seperti smartphone yang sudah canggih dan tahan air.


Berhati-hati saat membawa laptop

Jika kalian ingin membawa laptop ke luar, pastikan laptop diberikan perlindungan seperti menggunakan sleeve atau dimasukkan kedalam tas. 

Jika kalian menggunakan tas untuk membawa laptop dan barang bawaan lainnya, pastikan untuk tidak meletakkan laptop dalam satu partisi dengan barang lain. Usahakanlah untuk menggunakan tas yang memiliki tempat khusus untuk laptop untuk menghindari benturan dan gesekan saat diperjalanan.

Jangan berlari ketika membawa laptop
Berlari sambil membawa laptop adalah ide yang buruk, terutama untuk laptop yang masih menggunakan hard disk atau HDD. Karena hard disk konvensional masih menggunakan piringan mekanikal, maka berlarian dapat membuat hard disk tersebut rusak/corrupt karena guncangan yang saat berlari.

Letakkan tas yang berisi laptop dengan perlahan
Jangan sampai kalian lupa kalau sedang membawa laptop dalam tas dan tidak berhati-hati saat meletakkan tas tersebut. Tentunya karena mayoritas laptop belum bisa menahan benturan yang keras.


Itulah hal-hal penting yang harus diingat untuk menjaga dan merawat laptop supaya awet dan tidak cepat rusak. Pada intinya, sayangilah laptop kalian dan perlakukanlah dengan lembut niscaya laptop kalian akan panjang umur. 

Sekian artikel cara ampuh merawat laptop agar tahan lama. Semoga membantu memperpanjang umur laptop kalian. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel