-->

Tips Memilih Laptop Tahun 2019

Memilih laptop baru sebelum pergi membelinya adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai uang yang sudah kalian keluarkan menjadi sia-sia karena laptop yang dibeli tidak sesuai keinginan. Namun memilih laptop yang tepat bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang, terutama untuk orang awam yang kurang mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat. Begitu banyak pilihan laptop yang ada di pasaran sering kali membuat kebanyakan orang bingung untuk memilih. Apakah kamu salah satu orang yang masih bingung untuk memilih laptop yang tepat? Simak beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop dari Juru Informatika.

Tips Memilih Laptop Tahun 2019

Tips Memilih Laptop Tahun 2019

Membeli laptop bisa dikatakan seperti membeli sebuah sistem. Dimana laptop terdiri dari berbagai komponen, sehingga untuk memilih laptop yang sesuai kalian tidak bisa hanya memperhatikan satu komponen saja. Secara garis besar laptop terdiri dari 5 komponen penting, yaitu:

1. CPU

CPU (Central Processing Unit) atau prosesor memiliki peran yang sangat penting pada sebuah laptop. Untuk prosesor kalian bisa memilih antara Intel atau AMD. Di tahun 2019 ini jika kalian memilih produk dari Intel, maka sangat disarankan untuk memilih Intel core i3, i5, atau i7 generasi terbaru. Sedangkan untuk AMD, kalian bisa memilih prosesor AMD Ryzen terbaru mereka. Pemilihan CPU ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian supaya tidak menghambat pekerjaan.

2. GPU

GPU (Graphics Processing Unit) sesuai namanya, komponen ini memiliki tugas mengolah grafis pada laptop. Untuk  kartu grafis pada laptop kalian bisa memilih antara Nvidia dan Radeon. Jika kalian sering melakukan proses editing gambar maupun video, sangat disarankan untuk memilih laptop dengan GPU High-Performance seperti Nvidia Geforce GTX series atau Radeon RX series. Bahkan untuk tahun 2019 ini, Nvidia sudah merilis Nvidia Geforce RTX series. Dimana seri RTX memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan seri GTX.

3. RAM

Random Access Memory atau RAM terdiri dari berbagai ukuran. Kapasitas RAM pada laptop umumnya mulai dari 2GB sampai 64GB. Untuk tahun 2019 sangat disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 4GB, namun jika memungkinkan pilihlah 8GB karena jika kapasitas RAM terlalu kecil, pekerjaan anda pun bisa terganggu.

4. Storage

Pada umumnya media penyimpanan pada laptop adalah Hard Disk Drive atau HDD, namun sekarang juga ada media penyimpanan yang lebih cepat yaitu Solid State Drive (SSD). Bagi para pengguna laptop di tahun 2019 sebaiknya tidak hanya menggunakan hard disk, tapi gunakanlah juga SSD minimal untuk menyimpan OS supaya proses booting lebih cepat. Harga SSD memang lebih mahal karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi, namun jika memang tidak memungkinkan menggunakan SSD, setidaknya gunakanlah Intel Optane Memory.


5. Layar

Mungkin komponen ini tidak terlalu penting bagi kebanyakan orang karena dianggap sama saja dan hanya berbeda ukuran, tapi bagi orang yang sering melakukan editing foto atau video, pemilihan layar juga harus jadi pertimbangan. Panel layar pada laptop terdiri dari panel IPS dan TN, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pilihlah jenis panel pada laptop kalian sesuai kebutuhan.


Pada akhirnya, sesuaikanlah laptop yang kalian inginkan dengan budget kalian. Ingatlah bahwa laptop yang akan kalian beli merupakan sebuah investasi jangka panjang karena bisa membantu kalian menyelesaikan tugas-tugas atau bahkan menciptakan sebuah karya. Semuanya kembali lagi kepada kalian, bijaklah dalam memilih laptop dan jangan sampai ada penyesalan.

Sekian untuk Tips Memilih Laptop di Tahun 2019 semoga tulisan ini bisa membantu mengurangi kebingungan kalian. Terima kasih sudah membaca sampai akhir ☺

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel