-->

3 Ide Memanfaatkan Laptop Bekas

Pasti banyak dari kalian setelah beli laptop baru, laptop lama pun ditinggalkan. Saya sendiri juga mengalami hal ini. 😁 Selain dijual, laptop lama kamu masih bisa digunakan untuk banyak hal loh..
Berikut adalah cara memanfaatkan laptop bekas versi Juru Informatika.

Cara Memanfaatkan Laptop Bekas


3 Ide Memanfaatkan Laptop Bekas

*) Perlu diingat, laptop bekas disini bukan berarti laptop yang sudah rusak dan tidak bisa nyala lagi ya.


  • Home Theater PC


Laptop lama kalian bisa dijadikan home theater pc dengan cara menyambungkan laptop ke tv yang ada di rumah kalian. Setelah terhubung, maka kalian bisa streaming film bahkan browsing melalui tv di rumah selayaknya menggunakan smart tv. Untuk mendukung kenyamanan, sebaiknya gunakanlah keyboard dan mouse wireless sehingga kalian bisa mengontrol laptop dari jauh.

  • Mini NAS
NAS adalah singkatan dari Network Attached Storage yaitu sebuah piranti penyimpanan data dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan backup dan share data. NAS dapat di akses langsung melalui jaringan dengan protokol seperti TCP/IP . NAS ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan berupa harddisk, memiliki perangkat lunak sendiri untuk pengelolaan dan bertugas untuk menyimpan/backup serta men-share file dalam sebuah jaringan.

mini nas


Untuk merubah laptop bekas kalian menjadi mini NAS, kalian bisa download FreeNAS dan jadilah sebuah mini NAS untuk menyimpan data-data yang dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang.


  • Upgrade
Dengan melakukan sedikit upgrade pada laptop lama kalian, maka laptop tersebut bisa digunakan sebagai desktop replacement. Sehingga kalian bisa merasakan menggunakan desktop pc tanpa perlu membeli banyak komponen pc. Upgrade yang bisa dilakukan pada laptop lama adalah upgrade RAM dan Storage. Dengan meningkatkan kapasitas RAM, laptop kalian bisa melakukan berbagai tugas atau multi-tasking dengan lancar. Selanjutnya upgrade storage yang dimaksud ialah mengganti hard disk laptop menjadi SSD. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan membaca data terutama saat melakukan booting pada laptop, sehingga kalian dapat mengerjakan pekerjaan kalian dengan segera.




Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk memanfaatkan laptop lama/bekas sehingga tidak menjadi sia-sia. Sayangilah laptop lama kalian karena mereka sudah membantu kita menyelesaikan berbagai pekerjaan sebelum hadirnya laptop baru. 😅


Sekian dan terima kasih untuk kalian yang sudah membaca sampai habis 👍

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel