-->

Elemen Dasar C++

Program C++ terdiri dari deretan instruksi atau statements dan ekspresi yang ditulis mengikuti aturan sintaks bahasa pemrograman C++ dan bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Pada umumnya program C++ terdiri dari kumpulan subprogram atau fungsi. Beberapa fungsi ada yang sudah didefinisikan dan disimpan dalam standard library sehingga menjadi bagian dari program C++. Ada 3 macam elemen dasar C++ yang digunakan untuk menuliskan program yaitu Identifier, Reserved Words, dan Simbol Khusus.


Identifier

Identifier adalah nama yang dipakai untuk menyatakan variabel, konstanta bernama, fungsi, label, objek, atau hal-hal lain yang perlu dideklarasikan atau didefinisikan oleh program. Setiap identifier yang dibuat harus memenuhi aturan berikut ini:

  1. Terdiri dari satu atau beberapa karakter yang berupa huruf, angka, atau garis bawah ( _ ).
  2. Harus diawali oleh huruf atau garis bawah.
  3. Tidak  boleh mengandung spasi.
  4. Panjang maksimal 32 karakter signifikan.
  5. Huruf besar dan huruf kecil dibedakan (case sensitive) sehingga identifier HARGA, harga dan Harga adalah 3 identifier yang berbeda.
  6. Tidak berupa kata kunci, fungsi atau obyek-obyek lainnya yang telah dipakai oleh bahasa C++.
  7. Harus unik, tidak ada identifier yang sama dalam satu program. 
  8. Tidak menggunakan reserved words atau fungsi dalam standar library.


Contoh Identifier yang benar dan salah dapat dilihat pada tabel berikut.
Identifier C++

Baca: Fungsi cout dan cin Dalam C++

Reserved words

Reserved word atau disebut juga kata kunci (keywords) adalah kumpulan kata yang sudah digunakan oleh C++ untuk suatu keperluan atau fungsi tertentu. Reserved words ditulis dengan huruf kecil dan tidak boleh didefinisikan lagi oleh programmer. Beberapa reserved words yang sering digunakan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Reserved Words C++ 

Simbol khusus

Simbol khusus adalah simbol yang digunakan sebagai permisah atau untuk melakukan operasi aritmetika dan logika. Simbol khusus yang sering digunakan  adalah: +  -  /  %  =  <  ==  >  <=  >=  !=  .  ,  ;  ? (  ) {  }  blank. 


Baca: Fungsi-Fungsi Pustaka Dasar C++

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel