-->

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi serta Teknik Komputer

Apakah kamu masih bertanya-tanya mengenai perbedaan dari jurusan teknik informatika, sistem informasi, dan teknik komputer? Baca terus untuk mengetahui perbedaan teknik informatika dan sistem informasi serta teknik komputer.

Walaupun terlihat sama saja, namun ketiga jurusan kuliah ini mempunyai perbedaan loh...
Perbedaan mendasar dapat diketahui dari definisi ketiga disiplin keilmuan tersebut.

Sistem Informasi merupakan disiplin ilmu yang fokus kepada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis supaya menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien. Kemudian, untuk Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang fokus kepada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan, dan jaringan komputernya.

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi


Sedangkan, Teknik Komputer adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Selain itu, perbedaan lain antara ketiga jurusan kuliah ini adalah pada mata kuliah yang dipelajari. Sistem Informasi mempelajari sedikit perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Namun, memiliki kelebihan dalam manajemen sistem, yakni dari perancangan, penggunaan serta evaluasi.

Sementara itu, kalau Teknik Informatika lebih fokus kepada cara mengoptimalkan kinerja subsistem. Untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat.

Dan untuk Teknik Komputer sendiri banyak belajar tentang perangkat lunak dan keras. Karena nantinya, seorang lulusan Teknik Komputer harus mampu menciptakan alat yang akan digunakan untuk berbagi informasi.

Jelas ketiga departemen ini memiliki spesifikasi berbeda namun lulusannya tentu akan berkompetisi dan berkolaborasi pada ranah yang sama, yakni bidang Teknologi Informasi.

Teknologi Informasi sendiri merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). - Wikipedia

Jadi, apakah masih ada yang bertanya-tanya tentang perbedaan teknik informatika dan sistem informasi serta teknik komputer?
Semoga tulisan di atas bisa membantu menjawab rasa penasaran kalian ya..


Baca: Tips Memilih Laptop Tahun 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel