-->

Apa Fungsi Periskop Pada Kamera HP?

Baru-baru ini teknologi periskop disematkan ke dalam kamera smartphone. Setidaknya ada dua produsen ponsel pintar yang sudah menerapkan teknologi ini, yaitu Oppo dan Huawei. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, apa fungsi periskop pada kamera hp?


Fungsi Periskop Pada Kamera HP

Dua atau tiga kamera pada sebuah smartphone sudah tidak lagi mengejutkan, dengan adanya banyak lensa kamera tersebut memungkinkan kamera melakukan zoom 2 hingga 3 kali lebih baik dibandingkan dengan ponsel yang memiliki satu lensa kamera saja. Namun karena tidak memungkinkan lagi untuk menambah jumlah lensa pada smartphone, maka teknologi persikop disematkan pada kamera sehingga memungkinkan kamera melakukan zoom sampai 5 kali.

Serupa dengan prinsip periskop pada umumnya, perbesaran optik dengan teknologi ini dilakukan dengan menyusun komponen-komponen kamera ponsel, seperti lensa dan sensor gambar, disusun berbeda. Para vendor membelokkan 90 derajat saat menyusun lensa-lensa ini secara horizontal. Di ujung deretan lensa, ditempatkan cermin untuk membelokkan objek yang ditangkap agar bisa masuk ke lensa dan berakhir di sensor gambar. Teknik ini disebut Oppo sebagai folded optic (optik yang dilipat).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel