-->

Apa Itu Intel Optane Memory? Bagaimana Pengalaman Menggunakannya?

Juru Informatika - Hard Disk Drive atau yang kita kenal sebagai HDD merupakan salah satu media penyimpanan konvensional yang sudah kita gunakan sejak lama. Seiring dengan perkembangan teknologi hadirlah sebuah media penyimpanan yang lebih modern dan lebih cepat, namun dengan harga yang lebih mahal. Itulah Solid State Drive atau SSD yang sudah mulai menggantikan fungsi hard disk konvensional karena kecepatannya.

Pada umumnya, SSD dikombinasikan dengan HDD karena semakin besar kapasitas SSD maka semakin mahal harganya. Lalu, apakah ada solusi untuk orang yang menginginkan media penyimpanan yang cepat tapi tetap memiliki kapasitas yang besar? Untuk itulah Intel memperkenalkan Intel Optane Memory.

pengalaman menggunakan intel optane memory

Apa itu Intel Optane Memory?
Singkatnya, Intel Optane Memory memiliki teknologi yang dapat memanfaatkan cache sehingga hard disk atau HDD dapat membaca data lebih cepat layaknya sebuah SSD. Intel Optane Memory menggunakan slot M.2 yang tersedia pada motherboard dan tersedia dalam kapasitas 16GB & 32GB. Untuk penjelasan teknis lebih lanjut bisa di baca pada website resmi Intel.


Bagaimana pengalaman menggunakannya? Apakah benar-benar cepat?
Saya sendiri menggunakan hard disk + Intel Optane 16GB dan terbukti bisa mempercepat proses membaca hard disk, terutama saat melakukan booting pada pc. Intel mengklaim bahwa bukan hanya mempercepat proses booting, namun juga bisa mempersingkat waktu membuka program dan loading saat bermain game. Perlu diingat, ntuk mempercepat loading dalam game sebaiknya menggunakan Intel Optane Memory dengan kapasitas 32GB. Berikut adalah perbandingan performa sebelum dan sesudah menggunakan Intel Optane Memory.

performa intel optane memory

Kesimpulan
Menurut saya Intel Optane Memory merupakan alternatif untuk kalian yang ingin memiliki storage berkapasitas besar dengan kecepatan yang tinggi tetapi bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Jadi, apakah kalian tertarik menggunakan Intel Optane Memory?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel