-->

3 Tips Membangun Startup 2019

Membangun sebuah startup pada saat ini merupakan impian para generasi muda. Banyak yang sudah sukses mendirikan bisnis startup, namun tidak sedikit juga yang masih ragu untuk memulainya. Menurut Tan Hooi Ling, co-founder dari Grab, membangun startup harus pintar mencari sweet spot. 

3 Tips Membangun Startup di tahun 2019

Tan mengatakan startup tidak boleh terlalu bermain aman, namun jangan juga terlalu mengambil resiko besar. Tidak apa-apa jika melakukan kesalahan, tapi harus segera bangkit apabila mengalami kegagalan. Karena yang penting adalah bagaimana bisa bangkit dari kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

Oleh karena itu ia membagikan 3 tips membangun startup di tahun 2019. Tiga hal tersebut adalah Reflect, Rest, and Reset.


Reflect
Yang dimaksud adalah tim startup harus melakukan refleksi terhadap kesalahan yang telah dilakukan.

Kesalah terbagi menjadi easy mistake dan big mistake. Kalau kita melakukan kesalahan strategis, beri sedikit waktu dan step back. Kemudian refleksikan apa yang telah dilakukan sehingga terjadi kesalahan tersebut.


Rest
Atau beristirahat terlebih dahulu.

Jangan terlalu memaksakan sehingga tidak ada jeda waktu untuk beristirahat. Sediakanah sedikit waktu untuk tenang sejenak, supaya keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik. Memang pada saat awal-awal memulai banyak yang ingin cepat, namun jangan sampai melakukan hal yang gegabah.


Reset
Melakukan set ulang untuk mencari solusi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Beri sedikit ruang untuk memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan atau meningkatkan kualitas.


Memang di tahun 2019 ini, bisnis startup sangat diminati banyak kalangan muda. Tidak ada salahnya untuk melangkah maju dan mencoba hal baru. Terus belajar dan jangan malu untuk bertanya, niscaya perjuanganmu tidak akan sia-sia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel