-->

Review Keyboard Mechanical Tecware Phantom RGB

Mouse dan keyboard pada sebuah komputer memiliki peran yang sangat penting, karena mouse dan keyboard adalah perangkat input yang paling sering digunakan pada saat mengoperasikan komputer. Jika kita menggunakan sebuah komputer desktop, tentunya kita harus membeli mouse dan keyboard secara terpisah. Tidak seperti laptop yang sudah bisa kita gunakan langsung tanpa perangkat input tambahan. Walaupun laptop sudah memiliki perangkat input yang siap digunakan, namun banyak dari pengguna laptop yang masih lebih memilih untuk menggunakan perangkat input eksternal seperti mouse, karena laptop hanya memiliki sebuah touchpad.

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang pengalaman menggunakan mouse yang silent atau tidak memiliki suara klik dari brand Logitech dengan tipe M330.

Review Tecware Phantom 87 RGB


Kali ini, saya akan membagikan impresi atau pengalaman saya menggunakan keyboard mechanical dari brand Tecware, yaitu Tecware Phantom RGB. Selain Phantom RGB, Keyboard Tecware Phantom ini juga hadir dalam tipe Elite. Perbedaan dari tipe Elite dan RGB, hanya ada pada jenis switch yang digunakan. Untuk versi Elite tersedia berbagai jenis switch dari brand Gateron, sedangkan versi RGB memiliki switch dari brand Outemu.

Selain tersedia dua versi (Elite & RGB), keyboard mechanical ini juga tersedia dalam 2 pilihan layout atau ukuran. Yang pertama berukuran full size seperti keyboard pada umumnya dengan numpad disebelah kanan, dan yang kedua dengan ukuran Ten Key Less (TKL) atau tanpa numpad. Untuk unit yang saya pilih adalah versi TKL yang hanya memiliki 87 keys, karena itu keyboard ini juga sering dikenal sebagai Phantom 87 sesuai dengan jumlah key nya.

Mengapa memilih keyboard Tecware Phantom 87 RGB?

Pastinya semua yang sedang mencari review dari sebuah barang akan bertanya tentang hal ini. Pada awalnya saya pun tidak tahu brand Tecware karena memang sangat jarang terdengar. Jika kita sedang mencari sebuah keyboard mechanical pasti yang langsung muncul adalah dari brand-brand gaming terkenal seperti Logitech, Razer, StealSeries, Corsair, dan sebagainya. Namun keyboard mechanical yang dimiliki oleh brand-brand tersebut hargnya cukup mahal, sehingga saya terus mencari-cari "budget mechanical keyboard" diinternet.

Kita semua pasti tau juga memang ada peralatan gaming yang "murah" dari brand seperti Rexus dan sejenisnya. Namun keyboard mechanical yang mereka miliki kurang membuat saya tertarik, terutama karena desainnya. Hingga pada suatu hari saya menemukan review dari keyboard Tecware Phantom RGB ini, dan saya langsung tertarik karena desainnya yang terlihat mewah, tentu saja juga karena review yang diberikan pun bagus.

Tecware Phantom RGB

Gimana? Tidak terlihat seperti keyboard "budget" bukan?

Selain desain, apa lagi kelebihan dari keyboard ini?

Desain yang bagus memang penting, tapi kita tidak boleh melupakan fungsi utama dari sebuah keyboard pada komputer. Kelebihan lainnya dari keyboard ini adalah harganya yang dalam kategori murah untuk sebuah mechanical keyboard dengan fitur yang dimilikinya. Untuk versi TKL atau tanpa numpad dapat dibeli seharga 825 ribu, sedangkan untuk versi full size diharga 890 ribu saja.

Dengan mengeluarkan uang 800 ribuan, kalian akan mendapatkan kualitas keyboard mechanical yang kokoh dan terasa premium karena untuk permukaan dari keyboard ini terbuat dari aluminium. kemudian sesuai dengan namanya yaitu RGB, keyboard ini memiliki backlit RGB yang bisa kalian atur langsung dari keyboard maupun dari software yang bisa didownload dari situs resmi Tecware. Pilihan mode RGB-nya sangat banyak dan jika kalian menggunakan softwarenya, backlit dari keyboard ini dapat diatur berbeda-beda tiap key nya.

Keycaps yang digunakan keyboard ini juga sudah Double Shot, artinya tulisan pada keycaps keyboard ini tidak akan bisa pudar karena tulisannya bukan di print di atas keycaps nya. Selain keycaps, keyboard ini juga memiliki kelebihan Hot-Swappable. Maksudnya adalah switch dari keyboard ini dapat dicabut dan diganti dengan switch tipe lainnya tanpa perlu melakukan proses solder. Sepertinya tidak banyak keyboard mechanical yang memiliki kemampuan seperti ini diharga yang tergolong murah, dan hal ini cocok untuk orang yang mau berganti-ganti switch tapi tidak ingin melalui proses solder satu per satu switch tersebut.

Perlu diketahui, untuk switch pada versi Phantom RGB hanya bisa diganti dengan switch dari brand Outemu saja.

Dari begitu banyak kelebihannya, ada kekurangannya ga sih?

Tentunya semua barang pasti ada kelebihan dan kekurangannya, baik keyboard mahal maupun murah. Untuk kekurangan dari Tecware Phantom RGB ini yang saya rasakan memang tidak ada yang membuat kecewa. Tetapi kalau ingin disebutkan kekurangannya mungkin ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum membeli keyboard ini.

Permukaan keyboard ini memang terbuat dari aluminium, namun hanya permukaannya saja, karena case keyboard ini tetap terbuat dari plastik. Kemudian, untuk kabel dari keyboard ini memang sudah braided yang lebih kuat, tapi belum detachable atau tidak bisa dilepas pasang. Tentunya hal ini akan sedikit menggangu jika kalian sering membawa keyboard ini, tapi kalau hanya digunakan ditempat yang sama setiap harinya, seharusnya tidak akan mengganggu sama sekali.

Saya rasa hanya itu saja yang dapat saya bagikan. Kesimpulannya adalah keyboard Tecware Phantom RGB ini memiliki desain, kualitas, dan fitur yang sangat bagus, bahkan bisa dibilang setara dengan keyboard mechanical diharga yang lebih tinggi. Dengan hanya sedikit kekurangan yang buat saya pribadi tidak ada masalah. Saya rasa keyboard ini sangat layak untuk dibeli karena harganya yang cukup murah tetapi memiliki fitur dan kualitas yang lebih daripada keyboard dengan harga serupa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel