-->

Membuat Program C++ Pertama Untuk Pemula | Part 1

Dalam pemrograman, program yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman disebut juga source code atau source file. Hal ini untuk membedakan dengan program hasil compiler yang disebut object code atau object file (biasanya mempunyai nama file ekstensi .OBJ) dan program yang dijalankan (dieksekusi) yang disebut executable code atau executable file (biasanya mempunyai nama file ekstensi .EXE) atau sering disebut program aplikasi. Proses mengubah program C++ menjadi aplikasi dapat dilihat pada gambar 1.1 berikut.

Gambar 1.1
Untuk menulis program C++, gunakan editor yang disediakan oleh Dev C++. Setelah dipanggil dengan mengklik DevC++, maka program akan menampilkan editor C++ seperti dapat dilihat pada gambar 1.2 di bawah ini.

Gambar 1.2
Pada menu bar, pilih File lalu New - Source File. Lalu ketikkan contoh program C++ pada gambar 1.3 di bawah ini.

Gambar 1.3
Penjelasan dari program di atas mulai dari baris pertama adalah sebagai berikut :

  1. //Program TEST : baris ini dinamakan komentar, diawali dengan sepasang tanda garis miring (//), biasanya berisi penjelasan tentang program. 
  2. #include : merupakan suatu bentuk instruksi yang memerintahkan preprosesor untuk menyisipkan (include) file lain (dalam contoh ini, file iostream) pada saat program di-linker. File ini perlu disertakan karena ada perintah cout dalam kode program. Pada umumnya file yang dapat di-include dibuat dengan ekstensi .h dan harus disisipkan di awal file, karena itu disebut file judul (header file). File ini mengandung berbagai deklarasi, fungsi, dan lain-lain. 
  3. using namespace std; : menunjukkan bahwa program akan mengakses entitas yang merupakan bagian dari namespace std karena semua nama yang digunakan oleh file iostream adalah bagian dari namespace std. 
  4. tanda ; (titik koma) : tanda ini digunakan untuk mengakhiri sebuah instruksi pada program C++, dalam hal ini instruksi using namespace std. 
  5. int main( ) : merupakan awal dari fungsi yang menjadi titik awal eksekusi program C++. Setiap program C++ harus mempunyai fungsi main() ini. Kata int menunjukkan bahwa fungsi menghasilkan nilai bertipe integer. Untuk fungsi main, tipe data ini tidak ada pengaruhnya. 
  6. { : kurung buka, merupakan tanda untuk memulai kode program dalam fungsi main. Semua kode yang menjadi anggota fungsi harus berada di dalam sepasang tanda kurung ini. 
  7. cout << “Saya baru belajar C++” : cout adalah suatu fungsi yang digunakan untuk menampilkan suatu keluaran ke layar monitor (console out). Simbol << adalah operator stream insertion sehingga tulisan Saya baru belajar C++ yang berada di antara sepasang tanda petik, ditampilkan ke layar. 
  8. << endl; : menunjukkan baris telah berakhir (end line), sehingga kursor akan pindah ke baris berikutnya. 
  9. cout <<”Semoga sukses” << endl; : untuk menampilkan tulisan Semoga sukses, lalu kursor akan pindah ke baris berikutnya. 
  10. } : kurung tutup menandakan akhir dari program dalam fungsi main(). Karena fungsi main () merupakan fungsi satu-satunya, maka tanda ini juga menunjukkan akhir dari program. 

Part 2: Menyimpan dan Debugging Program

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel