-->

Pengenalan Singkat C++ Untuk Pemula

Seperti kita ketahui, komputer dapat melakukan banyak hal untuk membantu kehidupan manusia. Sebenarnya kemampuan komputer tersebut tergantung pada perintah yang diberikan ke komputer dan komputer hanya melakukan apa yang diperintahkan. Perintah ini disebut sebagai program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang sudah diciptakan orang, seperti BASIC, Pascal, C, C++, Fortran, Java, dan sebagainya.



Bahasa pemrograman C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Labs, Murray Hill New Jersey USA mulai tahun 1979. Bahasa ini merupakan pengembangan dari bahasa C yang mempunyai kemampuan untuk menggabungkan program C dengan bahasa mesin. Bahasa C++ mempunyai semua fitur yang dimiliki oleh bahasa C, ditambah kemampuan untuk membuat program yang berorientasi objek. Pada mulanya bahasa ini dinamakan “C with classes”, baru pada tahun 1983 bahasa ini dinamakan C++.

Program C++ adalah program yang berisi instruksi (statements) dan ekspresi yang mengikuti kaidah bahasa pemrograman C++. Program ini dapat ditulis menggunakan editor teks seperti notepad ataupun menggunakan editor bawaan dari kompiler. Program C++ ditulis dengan nama file ekstensi .CPP. Agar program ini dapat dijalankan, maka harus dikompilasi terlebih dulu dengan menggunakan kompiler C++. Saat ini banyak kompiler C++ yang beredar di pasaran dengan beberapa variasi C++, seperti Turbo C++ dan Borland C++ yang dikembangkan oleh Borland International, Visual C++ yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan juga Dev C++ yang dapat diunduh gratis.

Kalian bisa download/unduh Dev C++  >>disini<<

Kompiler ini ditulis dengan bahasa pemrograman Delphi. Meskipun demikian, program C++ sudah distandarisasi oleh ANSI sehingga suatu program C++ dapat dijalankan oleh kompiler C++ apapun. Menggunakan kompiler Dev C++ lebih dianjurkan karena lebih mudah digunakan dan tidak membutuhkan banyak memory.

Baca juga: Membuat Program C++ Pertama Untuk Pemula | Part 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel