-->

Menyimpan dan Debugging Program - Membuat Program C++ Pertama Untuk Pemula | Part 2

Menyimpan Program

Setelah mengetik program, disarankan untuk menyimpannya lebih dulu ke media penyimpan sebelum memprosesnya lebih lanjut. Untuk menyimpan program, pilih menu File | Save atau mengklik icon save pada menu bar lalu ketikkan nama file sesuai keinginan anda atau gunakan nama file default yang disediakan editor. Secara otomatis program akan disimpan dalam bentuk file dengan nama ekstensi .CPP.


Debugging 

Debugging adalah proses untuk menghilangkan kesalahan dalam program atau dengan kata lain, proses memperbaiki program sehingga tidak lagi mengandung kesalahan. Hasil dari debugging adalah program yang bebas dari kesalahan sehingga program dapat di-compile dan dihasilkan object code. Selanjutnya, object code ini  digabungkan dengan file include untuk masuk ke proses linker sehingga dihasilkan executable file (program aplikasi) yang sesuai dengan tujuan pembuatan program.

Pada umumnya ada 2 jenis kesalahan yang sering ditemukan dalam penulisan program,  yaitu:

  1. Kesalahan sintaks (syntax error) seperti salah mengetik perintah, tanda kurung tidak berpasangan, kurang tanda baca dan sejenisnya.  Kesalahan ini biasa ditemui pada proses compile. Compiler akan memberitahu letak terjadinya kesalahan sintaks dalam program, dan programmer harus memperbaikinya. Proses compile dan linker hanya dapat diselesaikan jika program sudah tidak terdapat kesalahan sintaks.
  2. Kesalahan ketika program dieksekusi (runtime error) yaitu hasil dari program tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam  hal ini, programmer harus membaca statement program dengan teliti untuk menemukan letak kesalahan.


Pada DevC++, proses debugging dilakukan dengan hanya mengklik sebuah tombol saja yaitu tombol
atau F11 dan jika tidak ditemui kesalahan (0 errors) dalam program maka dihasilkan executable file dan langsung dieksekusi sehingga tidak terlihat proses compile dan linker-nya. Tetapi jika ditemui kesalahan, proses akan berhenti, programmer harus memperbaiki kesalahan lalu proses debugging diulangi lagi dari awal.

Part 3: Mengeksekusi Program

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel