-->

Bentuk Dasar Program C++

Secara umum program C++ berbentuk seperti gambar berikut.

Bentuk Dasar Program C++

Bentuk program di atas adalah bentuk program yang paling sederhana, karena hanya terdiri dari satu blok fungsi yaitu fungsi main ( ). Pada umumnya program C++ merupakan kumpulan fungsi-fungsi dan salah satu dari fungsi tersebut harus bernama main ( ). Badan fungsi adalah deretan instruksi yang ditulis di antara sepasang tanda kurung {....}.

Baca juga: Pengenalan Singkat C++ Untuk Pemula

File Header
Sesuai namanya, file header harus ditulis diawal program. Penulisan file header didahului dengan simbol # yang disebut sebagai preprocesor directive yang digunakan untuk memerintahkan preprocessor menyertakan file lain ke dalam program. Nama file yang akan disertakan ditulis diantara kurung < >. Pada umumnya file tersebut merupakan file dengan ekstensi .h yang di dalamnya terdapat deklarasi, fungsi, variabel, atau konstanta yang diperlukan oleh program. Penulisan file header adalah sebagai berikut :
# include <file header>  atau
# include “PATH:file header”

Penulisan cara pertama memiliki arti bahwa file header yang akan disertakan berada pada direktori default (default directory), sedangkan penulisan cara kedua, file header yang akan disertakan berada pada direktori yang bernama PATH.  Pada contoh program di atas (lihat gambar 1.3), file header iostream perlu disertakan, karena fungsi cout (baca : fungsi cout) yang digunakan terdapat pada file header tersebut.


Fungsi main( )
Program C++ dapat terdiri dari banyak fungsi dengan nama yang berbeda-beda, tetapi harus mempunyai sebuah fungsi main( ) yang mengontrol fungsi-fungsi  yang lain. Fungsi main( ) merupakan fungsi utama yang harus ada dalam program C++. Alternatif penulisan fungsi adalah dengan menggunakan instruksi void yang ditulis sebelum nama fungsi main( ). Penulisan void main() menunjukkan bahwa fungsi main ( ) tersebut tidak memiliki nilai yang dikembalikan.
Pada DevC++, jika hanya mempunyai sebuah fungsi maka harus ditulis int main(), tetapi jika dalam program ada fungsi lain maka dapat digunakan void main () sebagai fungsi utamanya.


Komentar
Komentar adalah bagian dari program yang diabaikan oleh compiler. Komentar tidak melaksanakan aksi apapun tetapi digunakan oleh programmer untuk menuliskan catatan, keterangan atau deskripsi tambahan mengenai kode program yang ditulis. C++ memiliki dua cara untuk menuliskan komentar yaitu:

  1. // Baris Komentar:  akan mengabaikan apapun mulai dari tanda garis miring dobel  sampai akhir dari baris yang sama
  2. /*  Blok Komentar   */ : mengabaikan apapun yang berada diantara tanda /* dan */


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel