Konstanta dan Variabel dalam Pemrograman C++
Semua data yang dimasukkan ke dalam memori komputer harus diberi nama dan ditentukan tipenya. Ada 2 macam perlakuan data dalam memori komputer yaitu :
1. Data yang nilainya tetap selama program berjalan, disebut konstanta (named constant).
Contohnya:
const double PHI = 3.1413;
const int NILAI = 25;
2. Data yang nilainya dapat berubah selama proram berjalan, disebut variabel.
Contohnya:
int uts;
char huruf;
Mendeklarasikan Variabel
Deklarasi variabel bertujuan untuk mengenalkan variabel ke program dan menentukan tipe data yang dapat disimpan di dalamnya. Deklarasi variabel akan menyebabkan pengalokasian memori yang banyaknya tergantung dari tipe data yang akan disimpannya. Untuk memudahkan pembacaan, deklarasi variabel sebaiknya diletakkan di awal program, tetapi C++ memungkinkan peletakan deklarasi variabel di mana saja dalam program.
Bentuk umum deklarasi variabel :
tipe_data daftar_variabel;
Contoh :
int jumlah, bayar;
float harga_per_unit, total_harga;
char c;
Deklarasi di atas berarti akan dialokasikan memori sebanyak 2 x 4 byte untuk menyimpan 2 data integer yang bernama jumlah dan bayar, 2 x 4 byte untuk menyimpan 2 data real (float) yang bernama harga_per_unit dan total_harga, dan 1 byte untuk menyimpan data karakter yang bernama c.
Memberikan nilai ke variabel (Assignment)
Ada 3 cara untuk memberikan (assign) sebuah nilai ke variabel yaitu:
1. Langsung diberi nilai awal setelah dideklarasikan.
Contoh :
int jumlah;
jumlah = 10;
atau dapat juga ditulis :
int jumlah = 10;
Perintah di atas berarti alokasikan 4 byte memori yang diberi nama jumlah untuk menyimpan data integer yang bernilai 10
2. Di dalam program:
variabel = nilai_variabel;
Contoh : jumlah = 10; harga_per_unit = 17.5;
Perintah di atas berarti, nilai 10 akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama jumlah dan nilai 17.5 akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama harga_per_unit
3. Melalui keyboard dengan menggunakan fungsi cin
Contoh: cin >> jumlah
Perintah di atas berarti nilai integer (berapapun) yang diketikkan melalui keyboard akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama jumlah.
Variabel dan konstanta bertipe long
Apabila diinginkan untuk memproses bilangan bulat yang nilainya lebih besar dari tipe int, digunakan tipe long. Contoh deklarasi:
long jum_penduduk;
Variabel dan konstanta bertipe float, double dan long double
Tipe float, double atau long double digunakan untuk data numerik yang berhubungan dengan pecahan. Contoh deklarasinya:
float panjang;
double phi;
long double tetapan;
Konstanta Bernama
Konstanta bernama adalah nama yang diberikan untuk suatu nilai, baik berupa bilangan bulat maupun bilangan pecahan. Bentuk umum deklarasi konstanta bernama adalah sebagai berikut:
1. Data yang nilainya tetap selama program berjalan, disebut konstanta (named constant).
Contohnya:
const double PHI = 3.1413;
const int NILAI = 25;
2. Data yang nilainya dapat berubah selama proram berjalan, disebut variabel.
Contohnya:
int uts;
char huruf;
Mendeklarasikan Variabel
Deklarasi variabel bertujuan untuk mengenalkan variabel ke program dan menentukan tipe data yang dapat disimpan di dalamnya. Deklarasi variabel akan menyebabkan pengalokasian memori yang banyaknya tergantung dari tipe data yang akan disimpannya. Untuk memudahkan pembacaan, deklarasi variabel sebaiknya diletakkan di awal program, tetapi C++ memungkinkan peletakan deklarasi variabel di mana saja dalam program.
Bentuk umum deklarasi variabel :
tipe_data daftar_variabel;
Contoh :
int jumlah, bayar;
float harga_per_unit, total_harga;
char c;
Deklarasi di atas berarti akan dialokasikan memori sebanyak 2 x 4 byte untuk menyimpan 2 data integer yang bernama jumlah dan bayar, 2 x 4 byte untuk menyimpan 2 data real (float) yang bernama harga_per_unit dan total_harga, dan 1 byte untuk menyimpan data karakter yang bernama c.
Memberikan nilai ke variabel (Assignment)
Ada 3 cara untuk memberikan (assign) sebuah nilai ke variabel yaitu:
1. Langsung diberi nilai awal setelah dideklarasikan.
Contoh :
int jumlah;
jumlah = 10;
atau dapat juga ditulis :
int jumlah = 10;
Perintah di atas berarti alokasikan 4 byte memori yang diberi nama jumlah untuk menyimpan data integer yang bernilai 10
2. Di dalam program:
variabel = nilai_variabel;
Contoh : jumlah = 10; harga_per_unit = 17.5;
Perintah di atas berarti, nilai 10 akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama jumlah dan nilai 17.5 akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama harga_per_unit
3. Melalui keyboard dengan menggunakan fungsi cin
Contoh: cin >> jumlah
Perintah di atas berarti nilai integer (berapapun) yang diketikkan melalui keyboard akan disimpan dalam lokasi memori yang bernama jumlah.
Variabel dan konstanta bertipe long
Apabila diinginkan untuk memproses bilangan bulat yang nilainya lebih besar dari tipe int, digunakan tipe long. Contoh deklarasi:
long jum_penduduk;
Variabel dan konstanta bertipe float, double dan long double
Tipe float, double atau long double digunakan untuk data numerik yang berhubungan dengan pecahan. Contoh deklarasinya:
float panjang;
double phi;
long double tetapan;
Konstanta Bernama
Konstanta bernama adalah nama yang diberikan untuk suatu nilai, baik berupa bilangan bulat maupun bilangan pecahan. Bentuk umum deklarasi konstanta bernama adalah sebagai berikut:
const tipe_data nama_konstanta = nilai;
Sebagai contoh :
const float PHI = 3.141592;
Berbeda dengan variabel, suatu konstanta bernama tidak dapat diubah setelah didefinisikan. Pernyataan PHI = 3.14 tidak diperkenankan lagi di dalam program.
Baca juga: Tipe-tipe Data dalam Bahasa Pemrograman C++